"sisi lain seorang pengajar"

Keutamaan Shalat Tahajjud

Shalat sunah Tahajud merupakan shalat sunah yang sangat di anjurkan, shalat ini dilakukan dimalam hari setelah bangun dari tidur dalam kesendirian, pelakunya terhindar dari pujian dari orang lain, hanya ada ikhlas dari hati yang paling dalam semata karena mencari ridha Allah SWT.

Shalat Tahajjud memerlukan pengorbanan untuk bangun ditengah malam, meninggalkan nikmatnya tidur, meninggalkan mimpi yang indah, hangatnya selimut, hangatnya pelukan kekasih, maka orang yang melakukan shalat tahajjud dengan meninggalkan segala kenikmatan, menunjukkan ketinggian keimanan kepada Allah SWT dan ketulusan hati untuk beribadah.

Begitu besar pengorbanan seorang hamba untuk beribadah kepada sang pencipta sehingga Allah berkenan mengangkat hambanya ketempat yang terpuji. Sebagaimana firman Allah

Al Israa 79

Dan pada sebahagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu: mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji.

(Al Quran, Surah Al Israa 79)

Shalat Tahajjud merupakan sarana untuk bisa bertafakur dan merenung tentang ciptaan dan kekuasaan Allah, sehingga dapat menambah rasa keimanan kepada Allah, menumbuh kan kecintaan kepada Allah dan mengarahkan kejalan yang lurus menuju kebaikan dunia dan akhirat. Apabila kita ingin mendapatkan keberuntungan dunia dan akhirat, dirikanlah shalat Tahajjud dengan penuh keikhlasan.

Allah SWT menyeru hamba-Nya untuk menghidupkan malam dengan menggunakan waktu malam dengan amalan yang bernilai ibadah yaitu Tahajud, Allah tidak menyukai Hamba-NYa yang menghabiskan waktu malamnya dengan sia-sia tanpa nilai ibadah, menyedihkan sekali bila seorang muslim mengisi malamnya dengan kegiatan maksiat dan penuh dosa.

Mari kita renungkan hadist Rasulullah SAW berikut :
“Sesungguhnya Rabb kami turun kelangit dunia setiap malam ketika malam tinggal sepertiga akhir, lalu Ia ber seru : Barangsiapa yang berdoa kepada Ku maka akan ku kabulkan, barangsiapa yang meminta maka akan ku beri. Dan barang siapa yang memohon ampun maka akan kuampuni” (HR. Bukhari)

Kita ingin doa kita dikabulkan oleh Allah, Dosa kita diampuni, diangkat ketempat yang terpuji ? Sungguh rugi bila kita tidak mengambil kesempatan untuk mendapatkan ampunan,doa yang terkabul,tempat yang terpuji seperti yang telah diuraikan diatas. Lakukanlah Shalat tahajjud dengan ikhlas secara rutin.

Jadikanlah shalat tahajjud sebagai waktu yang spesial untuk mendekatkan diri kepada Allah, memohon dan mengharap, jadikanlah waktu tahajjud mengadukan segala kesulitan hidup dan jadikanlah Shalat tempat bersyukur segala nikmat hidup yang telah Allah berikan, karena pada waktu siang kita sibuk dengan segala urusan dunia sehingga hampir lupa kita untuk menghadapkan wajah kepada Allah.

Keutamaan Shalat tahajud

Banyak keutamaan dari Shalat tahajud, diantaranya dijelaskan dalam sebuah hadist panjang dari Umar bin Al Khttab : dari Rasulullah SAW berkata, “ Bagi yang melakukan shalat di waktu malam dan khusuk menjalankannya, maka Allah memuliakan dengan sembilan perkara, lima di dunia dan empat di akhirat”.

Adapun lima di dunia tersebut adalah :

1. Allah menjaganya dari bencana-bencana

2. Tampak bekas taat diwajahnya

3. Ia akan disenangi oleh hamba-hamba yang shalih bahkan oleh semua manusia.

4. Kata-katanya mengandung hikmah

5. Allah memberinya rezeki kepahaman terhadap agama.

Adapun empat diakhirat adalah

1. Dibangkitkan dari kubur dengan wajah yang putih dan cemerlang

2. Dimudahkan baginya hisab

3. Berjalan diatas shirat (jembatan diakhirat) laksana kilat (bagai petir menyambar)

4. Diberikan kitab catatan amalnya melalui tangan kanan pada hari kiamat.

Demikian uraian singkat mengenai Shalat Tahajjud, Semoga Allah SWT memberi rahmatnya untuk kita, Amin.

Wallahualam bissawab.

Reference:

Al Quran

The Power of Tahajjud, Dr. Ahmad Sudirman Abbas

Amalan dan Doa Shalat Malam, Tim MISYKAT
Labels: Renungan

Thanks for reading Keutamaan Shalat Tahajjud. Please share...!

0 Comment for "Keutamaan Shalat Tahajjud"

Back To Top